RPP 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sesuai
KMA Nomor 183 &184 Tahun 2019
PERTEMUAN
KE-1
Satuan Pendidikan |
: |
MTsN 1 Pandeglang |
Mata Pelajaran, Kelas/Smt |
: |
Al-Quran Hadits, IX/Ganjil |
Materi |
: |
Ketentuan Hukum Bacaan
Mad Laazim Mukhaffaf Kilmi, Mad Laazim Mutsaqqal Kilmi, Mad Laazim Mukhaffaf
Harfi, dan Mad Laazim Mutsaqqal Harfi |
Sub Materi |
: |
Ketentuan Hukum Bacaan
Mad Laazim Mukhaffaf Kilmi |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 JP (1 x Pertemuan) |
1. Tujuan
Pembelajaran |
a.
Setelah mengamati video bacaan
al-Quran di classroom, siswa dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dengan benar b.
Setelah melakukan kegiatan diskusi
dengan pasangannya melalui aplikasi telegram,
siswa dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dengan benar c.
Setelah melakukan kegiatan diskusi
dengan pasangannya melalui aplikasi telegram,
siswa dapat menjelaskan cara membaca hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dengan benar d.
Setelah melakukan kegiatan diskusi
dengan pasangannya melalui aplikasi telegram,
siswa dapat menjelaskan contoh bacaan yang mengandung hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi
dengan benar e.
Setelah melakukan kegiatan diskusi
dengan pasangannya melalui aplikasi telegram,
siswa dapat mempresentasikan ketentuan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf
kilmi dengan bena secara tertulis di classroom dengan
penuh tanggung jawab f.
Setelah kegiatan presentasi, siswa
dapat membuat resume tentang ketentuan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf
kilmi dengan penuh tanggung jawab g.
Setelah kegiatan presentasi, siswa
dapat mempraktikkan bacaan yang mengandung mad laazim mukhaffaf kilmi dengan
baik dan benar sesuai tajwidnya |
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran |
2.1.
Alat dan Bahan 2.1.1.
Alat : Laptop, Gawai 2.1.2.
Bahan : Al-Quran, Buku, Tajwid, LKPD, dan resume pembelajaran 2.2.
Pertanyaan: · Menanamkan
kegiatan religius melalui kegiatan berdoa sebelum belajar · Siswa diberi motivasi melalui penayangan video bacaan
ayat al-Quran yang berkaitan dengan mad laazim mukhaffaf kilmi di classroom · Siswa mengamati video dan
menjawab pertanyaan yang ada di forum classroom selama 10 menit (Think) · Siswa mencari pasangan sesuai
dengan nomor yang diberikan guru untuk diskusi secara daring melalui telegram · Siswa berdiskusi dengan
pasangannya mengenai tayangan video dan jawaban di forum tentang pengertian,
cara membaca, dan contoh hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi (Pair) · Guru meminta siswa mengumpulkan informasi atau
data yang relevan sebanyak-banyaknya untuk menjawab pertanyaan melalui al-Quran, buku
tajwid atau buku sumber lainnya 2.3.
Secara bergiliran siswa mempresentasikan hasil diskusi secara tertulis dengan
penuh tanggung jawab (Share) 2.4.
Siswa mempraktikkan bacaan yang mengandung mad laazim mukhaffaf kilmi dan
memvideokannya dikirim ke telegram 2.5.
Menyimpulkan pembelajaran · Siswa membuat resume materi pembelajaran dan dikirim ke classroom
|
3.
Penilaian |
3.1. Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran berlangsung dengan
mencatat pada jurnal sikap spiritual dan sosial. 3.2. Penilaian pengetahuan : Penilaian dengan teknik
tes tertulis menggunakan instrumen penilaian. 3.3.
Penilaian
Keterampilan : Penilaian dengan menggunakan lembar kerja dan rubrik
penilaian. |
............................. 2020
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
........................................ .............................................
NIP .................................. NIP ......................................
RPP 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sesuai
KMA Nomor 183 &184 Tahun 2019
PERTEMUAN
KE-2
Satuan Pendidikan |
: |
MTsN 1 Pandeglang |
Mata Pelajaran, Kelas/Smt |
: |
Al-Quran Hadits, IX/Ganjil |
Materi |
: |
Ketentuan Hukum Bacaan
Mad Laazim Mukhaffaf Kilmi, Mad Laazim Mutsaqqal Kilmi, Mad Laazim Mukhaffaf
Harfi, dan Mad Laazim Mutsaqqal Harfi |
Sub Materi |
: |
Ketentuan Hukum Bacaan
Mad Laazim Mutsaqqal Kilmi |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 20 JP (1 x Pertemuan) |
1. Tujuan
Pembelajaran |
a.
Setelah membaca dan mengamati ayat
al-Quran yang ditugaskan di classroom, siswa dapat
menjelaskan pengertian hukum bacaan mad laazim
mukhaffaf kilmi dengan benar b.
Setelah melakukan kegiatan tanya jawab dengan guru di classroom, siswa dapat
menjelaskan pengertian hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dengan benar c.
Setelah Guru menjelaskan cara membuat mind map, siswa dapat
membuat mind map tentang hukum bacaan
mad laazim mukhaffaf kilmi dengan benar d.
Setelah membaca referensi dan tanya
jawab, siswa mengidentifikasi konsep-konsep pokok yang terdapat
dalam materi mad
laazim mutsaqqal kilmi dengan benar e.
Setelah membaca referensi dan tanya
jawab, Siswa mengidentifikasi konsep-konsep sekunder yang
menunjang konsep pokok dalam materi mad laazim mutsaqqal kilmi dengan benar f.
Setelah referensi dan tanya jawab,
siswa membuat hubungan antara konsep-konsep tersebut dengan
garis penghubung dengan benar g.
siswa mengerjakan konsep-konsep materi mad laazim mutsaqqal kilmi ke dalam aplikasi Mind Maple Lite dengan benar h.
Setelah kegiatan membuat mind map,
siswa mengirimkan tugas di classroom dengan penuh tanggung jawab |
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran |
2.1.
Alat dan Bahan 2.1.1.
Alat : Laptop, Gawai 2.1.2.
Bahan : Al-Quran, Buku, Tajwid, dan aplikasi mind mapp 2.2.
Pertanyaan: · Menanamkan
kegiatan religius melalui kegiatan berdoa sebelum belajar · Siswa diberikan tugas untuk membaca dan mengamati al-Quran tentang
ayat-ayat yang berkaitan dengan mad laazim mutsaqqal kilmi di classroom · Siswa mengidentifikasi konsep-konsep pokok yang terdapat
dalam materi mad
laazim mutsaqqal kilmi dengan menggunakan buku tajwid atau internet · Siswa mengidentifikasi konsep-konsep sekunder yang
menunjang konsep pokok dalam materi mad laazim mutsaqqal kilmi · Siswa membuat hubungan antara konsep-konsep tersebut dengan
garis penghubung · siswa mengerjakan
konsep-konsep materi mad laazim mutsaqqal kilmi ke dalam aplikasi Mind Maple Lite 2.3.
Setelah kegiatan membuat mind map,
siswa mengirimkan tugas di classroom 2.4.
Menyimpulkan pembelajaran · Siswa membuat resume materi pembelajaran dan dikirim ke classroom
|
3.
Penilaian |
3.1. Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran online berlangsung dengan mencatat pada jurnal sikap
spiritual dan sosial. 3.2. Penilaian pengetahuan : Penilaian dengan teknik
tes tertulis menggunakan instrumen penilaian. 3.3.
Penilaian
Keterampilan : Penilaian dengan menggunakan lembar kerja dan rubrik
penilaian. |
...................................... 2020
Kepala Madrasah Guru Mata
Pelajaran
...................................... ............................................
NIP NIP
RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
KE-3
Satuan Pendidikan |
: |
MTsN 1 Pandeglang |
Mata Pelajaran, Kelas/Smt |
: |
Al-Quran Hadits, IX/Ganjil |
Materi |
: |
Ketentuan Hukum Bacaan
Mad Laazim Mukhaffaf Kilmi, Mad Laazim Mutsaqqal Kilmi, Mad Laazim Mukhaffaf
Harfi, dan Mad Laazim Mutsaqqal Harfi |
Sub Materi |
: |
Mempraktikkan Hukum
Bacaan Mad Laazim Mukhaffaf Kilmi dan Mad Laazim Mutsaqqal Kilmi |
Alokasi Waktu |
: |
2 x 40 JP (1 x Pertemuan) |
1. Tujuan
Pembelajaran |
a.
Setelah mengamati video bacaan
al-Quran di classroom, siswa dapat mempraktikkan bacaan yang mengandung hukum bacaan
mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi dengan baik dan benar b.
Setelah melakukan kegiatan tanya jawab dengan guru di grup telegram, siswa dapat
mempraktikkan bacaan yang mengandung
hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi dengan baik dan benar c.
Setelah mendengarkan pelafalan
praktik membaca dari guru melalui voice note di telegram, siswa dapat
mempraktikkan bacaan yang mengandung hukum bacaan
mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi
sesuai dengan tajwidnya melalui voice note di telegram |
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran |
2.1.
Alat dan Bahan 2.1.1.
Alat : Laptop, Gawai 2.1.2.
Bahan : Al-Quran, Buku, dan Tajwid 2.2.
Pertanyaan: · Menanamkan
kegiatan religius melalui kegiatan berdoa sebelum belajar · Siswa diberi motivasi melalui penayangan video bacaan
ayat al-Quran yang berkaitan dengan mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi di classroom · Siswa mengamati video bacaan
al-Quran yang mengandung hukum bacaan
mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi di classroom · Siswa dan guru melakukan tanya
jawab seputar tata cara membaca al-Quran yang mengandung
hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim
mutsaqqal kilmi melalui grup telegram · Guru memberikan contoh bacaan al-Quran yang mengandung
hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim
mutsaqqal kilmi melalui voice note di grup telegram · Guru meminta siswa untuk mempraktikkan bacaan yang mengandung hukum bacaan mad laazim mukhaffaf
kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi melalui voive note di ghrup telegram 2.3.
Secara bergiliran siswa mempraktikkan bacaan yang
mengandung hukum bacaan mad laazim mukhaffaf kilmi dan mad laazim mutsaqqal kilmi melalui voice note di telegram 2.4.
Menyimpulkan pembelajaran
|
3.
Penilaian |
3.1. Penilaian sikap : Observasi selama pembelajaran online berlangsung dengan mencatat pada jurnal sikap
spiritual dan sosial. 3.2.
Penilaian
Keterampilan : Penilaian dengan menggunakan lembar kerja dan rubrik
penilaian. |
............................................
Kepala Madrasah Guru Mata
Pelajaran
...................................................... .................................................
NIP NIP
Posting Komentar